Kamis, 29 Oktober 2015

wisata prigen




Prigen adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Prigen adalah daerah yang yang sangat sejuk karena dekat dengan pegunungan. Di Prigen terdapat daerah wisata pegunungan yang dikenal dengan Tretes.

 Di sini juga terdapat Taman Safari Indonesia 2 sebagai tempat habitat binatang, tepatnya berada di Desa Jatiarjo. Tempat wisata yang ada di Tretes yang termasuk kecamatan Prigen adalah air terjun Kakek Bodo. Tempat wisata ini sering diperuntukkan untuk camping. Air terjun lainnya di antaranya adalah air terjun Putuk Truno dan air terjun Perhutani. Terdapat juga sebuah situs peninggalan sejarah yang terletak di desa Candiwates, yaitu Candi Jawi. Di wilayah Prigen juga terdapat banyak hotel dan villa untuk tempat beristirahatnya para wisatawan yang berkunjung ke wilayah Tretes, kecamatan Prigen.
Hasil utama daerah tersebut adalah hasil air pegunungan yang melimpah, sehingga banyak usaha pengiriman air dengan perantara truk tanki. Di Kecamatan Prigen ada satu Universitas yaitu Universitas Prigen. Wilayah yang terluas di Kecamatan Prigen adalah Kelurahan Pecalukan yaitu memiliki daerah Kawasan hutan Seluas 125 hektar.

Bagi warga kota Surabaya dan sekitarnya yang ingin menikmati tempat wisata alam yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Surabaya, Pasti pilihannya akan pergi ke kota Batu atau Malang. Sebenarnya ada tempat wisata yang dekat dengan kota Surabaya, Yaitu kawasan Tretes Prigen Kabupaten Pasuruan, merupakan daerah pegunungan, yang menyimpan banyak potensi pariwisata alam. Wana wisata air terjun merupakan salah satu daya tarik, salah satunya adalah air terjun Putuk Truno .

 


Air terjun Putuk Truno terletak di kaki gunung welirang dan gunung Arjuno, lebih tepatnya di jalan Putuk Truno, desa pecalukan, kecamatan Prigen, kabupaten Pasuruan , propinsi Jawa Timur . Air Terjun yang berada kawasan wisata Tretes ini memiliki ketinggian air sekitar 45 m dan berjarak hanya sekitar 400 m dari Air Terjun Kakek Bodo .   


Dari kota Surabaya, lokasi air terjun Putuk Truno bisa di tempuh sekitar 2 jam dengan jarak sekitar 55 km menuju arah Tretes Prigen, yang terkenal dengan wisata kuliner sate kelinci. Perjalanan menuju lokasi ini sedikit menanjak terutama setelah memasuki jalan raya Pandaan - Tretes. Sangat muda menemukan lokasi air terjun Putuk Truno ini, karena akses jalannya yang dekat jalan raya dan lokasi air terjun Putuk Truno juga sangat dekat dengan air terjun Kakek Bodo. Kawasan Tretes Prigen berudara sangat sejuk, dingin dan bebas dari kebisingan, di daerah ini juga banyak berdiri hotel atau villa yang disewakan untuk para pengunjung.
Harga tiket masuk ke air terjun Putuk Truno sekitar Rp. 4.000 per orang dan biaya parkir Rp. 2.000 untuk sepeda motor. Dari lokasi pintu masuk, kita harus berjalan sekitar 15 menit untuk ke air terjun, kontur jalannya tidak terlalu ekstrim, sangat mudah dilalui karena sudah tertata rapi, bersemen dan memudahkan pengunjung. Selama berjalan, kita akan merasakan udara dingin dan keheningan alam, sampai kita terdengar suara gemuruh air menandakan kita makin dekat dengan lokasi air terjun Putuk Truno.
Disekitar lokasi air terjun banyak tempat duduk yang di buat dari semen atau kayu untuk sarana pengunjung menikmati air terjun dari kejauhan tanpa harus berbasah-basahan. Daya tarik air terjun Putuk Truno benar - benar menarik pengunjung untuk turun menuju kolam dibawah air terjun. Sembari memuaskan diri bermain-main dengan air tak lupa berfoto ria dengan latar belakang kemegahan Putuk Truno . Gemuruh suara hempasan airnya, serta kencangnya tiupan udara membuat butiran-butiran air yang menerpa wajah, bisa dirasakan sampai ke tempat duduk disekeliling tangga.
Pemandangan dinding-dinding batu cadas yang menjulang, mengelilingi air terjun, tampak terlihat segar. Menghampar hijaunya tanaman rambat yang menyelimuti. Di beberapa titik dinding batu cadas, ada pancuran-pancuran mata air kecil, membuat dinding cadas tercipta beberapa pancuran air terjun mini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar